Budidaya usaha ternak puyuh


CARA BERTERNAK PUYUH PETELUR




Telur puyuh di hargai tidak sebagai makanan. Tapi juga memiliki khasiat penyembuhan, telur puyuh mengandung berbagai vitamin dan mineral. Dengan ukuran nya yang kecil tetapi jangan salah nilai gizi nya 3 sampai 4 kali lebih besar dari telur ayam. Namun di kalangan masyarakat masih jarang yang mempeternakan telur puyuh ini.



Berikut saya akan coba bahas cara cara beternak puyuh petelur:

  1. Siapkan lahan yang cukup dan jauh dari penduduk (pemukiman warga). Sebenarnya di samping rumah juga bisa asal kan jauh dari kebisingan, supaya burung puyuh nya tidak stres 
  2. Pastikan jauh dari lokasi banjir, di saran kan penempatan kandang nya jauh dari potensi banjir. 
  3. Pemilihan bahan untuk pembuatan kandang, pastikan bahan bahan nya yang berkualitas baik supaya kandang nya awet dan tahan lama. 
  4. Pastikan di setiap kandang Terdapat Pembuangan kotoran, untuk mempermudah anda membersihkan kotoran nya, disarankan di bawah nya di kasih alas bekas karung beras, atau apa aja yang sekiranya mempermudah anda untuk alas kotoran puyuh. 
  5. Sediakan tempat penempatan makan dan minum burung puyuh, pastikan juga terdapat tempat tempat untuk jatuh nya telur puyuh.


Untuk kandang induk puyuh berukuran 2x0,5 meter dengan 4 lantai atau bisa lebih, dan setiap lantai di berikan sekat atau space berupa triplek atau karung bekas untuk menampung kotoran dan mempermudah pembuangan nya.

Untuk dinding bisa menggunakan jaring berbahan kawat agar memperlancar udara, penempatan minum nya letakan di samping setiap 1 lantai. Pergantian air minum puyuh di lakukan setiap pagi dan sore hari, pemberian makan pun di lakukan sama seperti pergantian air minum nya.

Untuk pembersihan kotoran di lakukan 3 hari sekali dengan cara di sapu dan di cuci.
Kotoran puyuh juga merupakan peluang bisnis, karena setiap karung kecil kotoran puyuh di hargai RP15.000 lumayan kan bisa buat nambah nambah beli pakan nya.
Setiap satu lantai kandang berisi sekitar 30-50 ekor puyuh dewasa setiap space, jika kita memelihara 1.000 puyuh dewasa kita akan menghasilkan sekitar anda 300-400 telur setiap hari nya.

Untuk penjualan telur puyuh sekarang di kisaran 20 rb anda perkilo. Di saran kan untuk pembuatan  kandang lebih baik di buat yang sederhana mungkin, yang terdiri dari penopang dan genteng atau asbes, untuk mencegah air hujan, atau lebih hemat manfaat kan pekarangan belakang rumah anda se maksimal mungkin.

0 Response to "Budidaya usaha ternak puyuh"

Post a Comment