Cara ternak ikan lele dengan mudah

Cara ternak ikan lele
Jaman sekarang cari kerja memang sangat susah, banyak yang sekolah Tinggi tinggi yang ujung ujung nya hanya menjadi seorang pengangguran, apalagi yang sekolah tingkatan SMA ke bawah. Ya paling kerja yang udah umum sekarang yang di buru jadi buruh pabrik(PT).

Tetapi yang sudah kerja juga terkadang ada sebagian orang yang mengeluh gajih nya kurang lah,Tidak sesuai kebutuhan lah. Banyak sebagian orang yang pada lari ke bisnis, walaupun bisnis kecil2 an tp bisa menjadi besar2 an.

 Kadang yang tadinya bisnis biasa buat sambilan aja bisa menjadi bisnis yang di utama kan. Bisa jadi kerja di pabrik (PT) yang terbalik menjadi kerja sampingan.



Kembali ke pokok pembahasan. Di sini saya akan mencoba membahas tentang bisnis cara ternak ikan lele. Yang pertama tentu nya kita harus punya modal dulu dan tekad yang kuat untuk memulai bisnis ikan lele .Yang  kedua kita harus punya pengetahuan yang mendukung tentang cara pembenihan, pembibitan, dan  pemijahan yang benar.

Keunggulan ternak ikan lele:

  1. Sangat mudah sekali di lakukan
  2. Modal nya juga tidak terlalu besar
  3. Buat kolam nya juga bisa pake terpal, dan di saran kan pake terpal
  4. Praktis dilakukan jika mau manen (pake terpal) 
  5. Air nya juga dapat di kontrol dengan mudahAnda
  6. Tidak perlu khawatir terhadap air yang terkontaminasi, karena kalau kolam nya pake terpal air dari tanah tidak masuk ke kolam lele nya
Setelah anda yakin bahwa anda ingin sekali ternak lele, sekarang kita jelaskan caranya ternak lele, untuk gambaran buat anda:

  • Sesuai kan jumlah bibit ikan yang mau anda beli dengan modal yang anda punya
  • Buat lah kolam sesuai dengan jumlah bibit yang anda beli, misal anda beli 500 ekor ikan lele, berarti kita harus buat kolam 5meter persegi dengan kedalaman 1,5 meter, perbandingan nya 1 meter persegi untuk 100 ekor ikan lele. 
  • Siap kan terpal dan sesuai kan terpal anda dengan ukuran kolam anda, di saran untuk penyiapan terpal kalau bisa di lebihin dari ukuran kolam nya kira kira 1 meter atau 0,5meter. 
  • Selanjutnya kita masukan air secukupnya ke dalam kolam, setelah itu kolam nya taburin kotoran hewan seperti kotoran sapi atau kotoran kerbau. Kenapa kolam yang berisi air nya di taburin kotoran????? Jadi begini alasan nya supaya air kolam nya mengandung plankton dari kotoran tersebut. 
  • Setelah kolam nya di taburin kotoran diamkan kolam tersebut selama 3 hari atau 4 hari, setelah itu Masukan bibit ikan lele nya ke dalam kolam, jangan lupa kasih makan tiap hari pakan lele berupa pelet(layer) 
Demikian pembahasan dari saya semoga bermanfaat dan berguna untuk anda.Selain usaha ternak lele, banyak juga usaha lain nya seperti Ternak puyuh, ayam, ikan mas dll. Selamat mencoba, Semoga usaha anda sukses dan berhasil.

Trimakasih 

0 Response to "Cara ternak ikan lele dengan mudah"

Post a Comment