Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Di Musim hujan



Demam berdarah adalah penyakit yang lumayan mematikan jika penanganan nya telat di lakukan.Penyakit ini biasa banyak di derita oleh warga yang tinggal di tepian sungai atau di daerah yang sering terjadi banjir. Penyakit demam berdarah ini di sebabkan karena ulah nyamuk yang bernama nyamuk aedes aigypti.


Orang yang sudah terkena penyakit demam berdarah ini kadang2 sulit di sembuhkan, dan jika sembuh juga terkadang suka kambuh lagi. Penyakit demam berdarah ini sifatnya menular, biasanya penyakit ini di tular kan melalui gigitan nyamuk lagi. Meskipun yang gigit nya nyamuk biasa akan tetapi jika nyamuk tersebut sudah menggigit si penderita demam berdarah, nyamuk tersebut Jika menggigit kita bisa tertular.

Nyamuk ini biasa beraktifitas [menyerang] di siang hari. Tempat tinggal yang dia sukai seperti genangan air, bak mandi, dan tempat penyimpanan air lainnya.
Nyamuk ini sering berdampingan dekat dengan kita, oleh karena itu kita harus mencegah serangan nyamuk berbahaya ini dengan cara cara sebagai berikut :

Pencegahan penyakit demam berdarah :

  • Balikan semua wadah yang tak terpakai yang sipat nya menampung air seperti kaleng bekas,ember kosong,  jika anda menampung air di ember tutup ember tersebut rapat rapat. 
  • Mengubur barang barang bekas yang berserakan di area sekitar tempat tinggal kita supaya tidak terjadi genangan air. 
  • Menguras bak mandi 1 minggu sekali harus di lakukan supaya perkembang biakan nyamuk dapat kita cegah. 
  • Menggunakan obat penangkal nyamuk seperti baygon, autan, soffel dan lain lain. Dan ada juga obat khusus penangkal perkembang biakannya yang di taburin di bak mandi, yaitu obat abatte
  • Menutup tempat sampah rapat rapat jika sudah di gunakan
  • Menanam tanaman seperti kemangi, karena tanaman ini sangat membantu untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah kita
  • Jangan di biasakan tidur di siang hari terutama dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang. 


Untuk sebuah peringatan nyamuk aedes aigypti sangat berbahaya bagi kita terutama nyamuk yang betina. Seseorang yang terkena gigitan nyamuk betina ini dan terinfeksi akan menunjukkan gejala setelah 5 sampai  10 hari setelah tergigit. Gejalanya yang terlihat seperti : Demam panas tinggi, mual dan muntah2, sakit kepala yang luar biasa, nyeri otot sendi,dan terasa nyeri di belakang mata.


Trimakasih sudah berkunjung di artikel saya.... Semoga informasi ini bermanfaat

0 Response to "Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Di Musim hujan"

Post a Comment