Cara mengobati rematik menggunakan patrawali atau brotowali






Kuilmu.com- Tanaman brotowali atau kalau di sunda sering di sebut patrawali merupakan tumbuhan liar di hutan, atau biasa kita tanam di halaman rumah di depan pagar karena kita tau tanaman ini bnyak manfaatnya. Tanaman ini termasuk tanaman tropis yang biasa tumbuh di daerah panas, dengan tinggi batang sampai 2,5 meter,batang pohonnya sebesar kelingking dan berbintil bintil rapat. Ciri has tanaman ini jika batang nya kita kuliti dan kita rasain rasanya pahit. Tetapi tanaman ini sangat bermanfaat untuk pengobatan terutama untuk mengobati rematik.

Disini saya akan coba memberikan informasi tentang cara mengobati rematik dengan brotowali atau di sebut patrawali.
Berikut caranya :

  1. Ambil 1 jari batang brotowali 
  2. Potong potong sampai beberapa bagian 
  3. Cuci dengan air bersih 
  4. Sediakan air 3 gelas
  5. Kemudian rebus potongan brotowali tersebut hingga mendidih 
  6. Setelah mendidih dan menjadi 1,5 gelas kemudian tuangkan dan dingin kan
  7. Setelah dingin kemudian diminum 3 kali sehari dengan takaran 0,5 gelas 
Sebenarnya banyak lagi manfaatnya dari tumbuhan yang 1 ini untuk pengobatan seperti : demam kuning, demam, kencing manis, kudis, luka dan rematik. Tetapi saya hanya bisa menjelaskan salah satunya yaitu rematik. Untuk kandungan kimia nya dari jenis tanaman ini terdapat : alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin dan palmatin. Untuk akar nya sendiri memiliki kandungan alkaloid berberin dan kolumbin.

Dirasakan untuk penjelasan dicukupkan sekian mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan nya mohon di tambahkan di komentar.
Trimakasih semoga bermanfaat untuk anda.........

0 Response to "Cara mengobati rematik menggunakan patrawali atau brotowali "

Post a Comment