Proses Penularan Virus Zika yang Wajib diketahui

Akhir akhir ini di semua penjuru dunia telah di gegerkan oleh penyakit yang baru dan termasuk langka yaitu virus zika , virus zika itu pada dasarnya merupakan anggota dari keluarga Flaviviridae yang proses penularannya ke manusia melalui serangga yaitu nyamuk. Seseorang yang terjangkit terkena virus zika yang dapat mengakibatkan gejala seperti : sakit kepala, ruam di wajah, di leher, lengan atas, dan mungkin juga bisa menyebar ke telapak tangan dan kaki, demam dan nyeri pada punggung.


Proses Penularan Virus Zika yang Wajib diketahui


Dalam segi penularannya virus ini hampir sama dengan virus demam berdarah yaitu dengan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Dan yang menjadi pembawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah, nyamuk aedes aegypti ini bisa menular kan penyakit virus Zika, kalau nyamuk ini menggigit seseorang yang sudah terkena virus zika, dan nyamuk ini sangat aktif sekali di siang hari.

Meskipun penyebaran nya dan gejala nya hampir sama seperti virus demam berdarah, virus zika ini memiliki perbedaan yang wajib anda ketahui.

Berikut adalah perbedaan virus zika dan virus demam berdarah :

1). Konjungtivitis
Si penderita virus zika biasanya akan mengalami konjungtivitis, radang selaput mata yang dan dirasakan mata terasa pegal dan ngilu sehingga matanya pun terlihat merah sekali. Akan tetapi jika pada pasien penderita penyakit demam berdarah dengue matanya tidak merah.

2). Muculopapuar rash
Pada pasien si penderita virus zika, ada muculopapular rash, atau semacam bercaknya yang akan terlihat seperti timbul. 'Sebanyak 85,7 % pasien penderita virus zika memiliki rash pada kulitnya dan tidak hanya bercak merah jadi berbeda dengan dengue pada umumnya.

Penyebaran virus zika sampai saat ini :

Keberadaan virus Zika sampai saat ini telah dilaporkan di daerah Afrika, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik dan baru-baru ini di Amerika Latin, Karibia, Singapura dan bahkan sudah sampai ke Indonesia tepatnya di daerah provinsi Jambi.
Virus zika berpotensi menyebar keseluruh penjuru dunia karena virus zika disebarkan oleh nyamuk ke berbagai daerah daerah baru dimana di tempat tersebut terdapat nyamuk Aedes aegypti.

Menilai dari wabah penyakit virus Zika yang akhir akhir ini lagi ramai di perbincangkan di seluruh dunia,organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) mengumumkan keadaan darurat atas munculnya virus zika ini. Karena untuk sampai saat ini belum ada vaksin atau obat yang bisa mencegah demam virus zika ini. Oleh karena itu kita dan yang terutama ibu hamil dapat melindungi diri nya dengan cara mencegah gigitan nyamuk serta menjaga lingkungan sekitar kita dari timbul nya perkembang biakan nyamuk terutama nyamuk Aedes aegypti yang menyebabkan penularan virus zika tersebut. 

0 Response to "Proses Penularan Virus Zika yang Wajib diketahui"

Post a Comment