#Manfaat Pepaya untuk Pengobatan

Seperti yang banyak orang ketahui tentang buah pepaya atau dalam bahasa jawa disebut kates, buah yang satu ini sangat banyak mengandung zat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. sebelum kita lanjut pada pembahasan tentang manfaat dari buah pepaya ini alangkah baiknnya kita ketahui dulu ciri-cirinya seperti apa buah pepaya (kates) ini.

Pepaya atau dalam bahasa latin (carica papaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pohon Pepaya menyerupai pohon palma, bunganya berwarna putih dan memiliki buah yang jika sudah mematang berwarna kuning kemerahan, dengan rasa seperti buah melon.

Tinggi pohon pepaya bisa mencapai 8 sampai dengan 10 meter, dengan akar yang kuat. Struktur helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Dan apabila daun pepaya dilipat menjadi dua bagian persis di tengah, maka akan nampak bahwa daun pepaya tersebut berbentuk simetris.

Tanaman pepaya ini sering di budidaya kan oleh para petani di kebun kebun yang luas, karena buah nya yang sangat segar dan banyak gizi. Selain memiliki banyak gizi tanaman pepaya ini memiliki beberapa manfaat untuk pengobatan/kesehatan dari mulai akar, buah sampai daun.

Penyakit yang dapat di obati oleh pepaya diantaranya

  • Batu ginjal
  • Hipertensi
  • Malaria
  • Sakit keputihan
  • Kekurangan ASI
  • Rematik
  • Malnutrisi
  • Gangguan saluran kencing
  • Haid berlebihan
  • Sakit perut saat haid
  • Disentri, diare
  • Jerawat
  • Ubanan 
dan banyak lagi yang lainnya.

Cara pemanfaatan nya pepaya sebagai berikut

1. Batu ginjal

Bahan yang digunakan : siapkan 7 lembar daun pepaya, dan di gunakan memakai teknik 3-5-7 arti penjelasan sebagai berikut. Hari pertama 3 lembar daun pepaya yang masih segar di rebus dengan air secukupnya, lalu air rebusan tersebut diminum 1 gelas langsung. Kemudian hari kedua, 5 lembar daun pepaya yang masih segar di rebus dengan air secukupnya, lalu di minum seperti yang di lakukan hari pertama. Hari ketiga, 7 lembar daun pepaya di rebus, dan cara nya hampir sama seperti yang di tulis kan diatas, air nya diminum sebanyak 1 gelas, dan untuk penutupnya di tambah dengan minum air kelapa muda (dewegan =sunda) dari kelapa hijau. Catatan : bagi yang mengidap hipertensi  tidak boleh meminum resep ini

2. Malaria

Bahan yang di gunakan, 1 lembar daun pepaya, tempe busuk sebesar ibu jari, dan garam secukupnya. Cara penggunaan nya : Semua bahan tersebut di tumbuk halus, lalu di peras dan di saring untuk diambil airnya, kemudian airnya di minum 1x sehari selama 7 hari berturut-turut.

3. Keputihan

Bahan yang digunakan : 1 lembar daun pepaya, 1 potong akar rumput alang alang, dan adas pulosari secukupnya. Cara membuat dan penggunaan nya : daun pepaya di cincang halus, kemudian di rebus bersama bahan lainnya dengan air sebanyak 1,5 liter sampai mendidih, lalu di saring airnya. Untuk mengobati keputihan air rebusan tadi di minum 1x sehari sebanyak 1 gelas dan dilakukan secara teratur.

4. Kekurangan ASI

Bahan dan cara membuat : siapkan buah pepaya yang masih muda /hijau tanpa di kuliti, setelah itu buah pepaya di belah menjadi 2 bagian, sebagian di rebus dengan air dan sebagian lagi menggunakan cuka, cara menggunakan nya : air rebusan tersebut di minum 2-3 sendok teh sehari dan dilakukan secara teratur.

5. Gangguan saluran kencing

Bahan yang digunakan : 3 potong akar pepaya caranya, di rebus dengan air sebanyak 1 liter air sampai mendidih, lalu di saring airnya , dan di minum 1x sehari sebanyak 1/2 gelas.

6. Haid berlebihan

Bahan yang digunakan : buah pepaya yang masih hijau, caranya  di rebus dengan air sampai mendidih, cara pengobatan nya buah pepaya tersebut di makan daging nya.

Komposisi yang terkandung dalam buah pepaya diantaranya

Buah pepaya yang sudah masak memiliki kalori 46 kal yang terkandung didalamnya, vitamin A 365 SI, Vitamin B1 0,04 mg, Vitamin C 78 mg, Kalsium 23 mg, Hidrat arang 12,2 gram, fosfor 12 mg, Protein 0,5 mg. di samping itu buah pepaya juga memiliki antibiotik yang dapat dapat digunakan untuk pengobatan  tanpa ada efek samping nya, dan buah pepaya juga mengandung unsur yang dapat membuat pencernaan makanan lebih sempurna, selain itu buah pepaya juga memiliki daya yang dapat membuat air seni bereaksi asam, yang secara ilmiah di sebut zat caricaksantin dan violaksantin. Mungkin cukup sekian untuk penjelasan nya akan manfaat pepaya untuk pengobatan dari mulai akar buah dan daunnya, semoga informasi tips ini cukup bermanfaat untuk anda.

0 Response to "#Manfaat Pepaya untuk Pengobatan "

Post a Comment