Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Pertumbuhan dan Perkembangan

Ciri fisiologis makhluk hidup adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Proses pertumbuhan ditandai dengan 2 ciri dasar yaitu sebagai berikut:

1.Kenaikan volume yang irreversible, disertai dengan pertumbuhan substansi dan diferensiasi.

2.Kenaikan jumlah sel sebagai hasil kegiatan sel meristem.

A.Pertumbuhan pada tumbuhan



Pertumbuhan memanjang pada kecambah awalnya berjalan lambat,kemudian memasuki periode panjang dan tumbuh cepat serta akhirnya menurun lagi atau berhenti ketika mendekati dewasa.
Kurva pertumbuhan tumbuhan menahun dan tumbuhan semusim berbeda.Tumbuhan semusim terus-menerus tumbuh,sedangkan tumbuhan menahun berhenti tumbuh setelah dewasa.

Proses pertumbuhannya mulai dari :

Pertumbuhan akar
Bagian tumbuhan akar dan cabang-cabangnya jauh menembus tanah.Titik tumbuh pada ujung akar terdiri atas jaringan meristem yang sel-selnya aktif membelah. Meristem dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra.

a.Tudung akar

Tudung akar terdiri atas sel-sel parenkim yang tidak berdiferensiasi.Sel-sel tersebut menyekresikan lendir yang berfungsi untuk membasahi permukaan tudung akar sehingga memudahkan ujung akar menembus tanah pada waktu sel-sel akar tersebut memanjang

b. Zona Meristematis


sumber gambar : biology,campbell

Tersusun atas kumpulan sel-sel kecil yang teratur dengan bentuk yang relatif sama.Karena kemampuannya membelah diri tak terbatas, maka dinamakan sel-sel meristematis(embrional)

c. Zona Pemanjangan

Sel-sel yang terletak di belakang zona meristematis menjadi besar dan bagian akarnya menjadi zona pemanjangan.Sel-sel pada bagian tersebut sebagian besar membesar dan memanjang.Hal ini menyebabkan vakuola bertambah besar.Pembesaran vakuola tersebut menekan sitoplasma arah dinding sel dan membentuk lapisan seperti garis tipis.

Pada zona meristematis bentuk sel-selnya serupa, sedangkan pada zona pemanjangan kelompok sel-selnya membentuk jaringan khusus. Pada bagian akar yang matang mulai tampak sel-sel yang berbeda ukuran ataupun bentuknya. Serta akan tampak jelas bila sel-sel yang sama telah matang berdiferensiasi menjadi bagian tengah,dikelilingi bagian yang bentuk dan ukurannya berbeda, serta lapisan terluar yang terdiri dari selapis sel yang tipis (epidermis).

d. Zona Pematangan

Biasanya dinding sel yang matang mengalami penebalan karena penumpukan substansi di sebelah dalam dinding . pada jaringan yang berbeda, jenia, dan jumlah substansi yang menumpuk berbeda pula sehingga menyebabkan perbedaan struktur.

0 Response to "Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan"

Post a Comment